info.pba@iain-jember.ac.id 082330629941

13 Mahasiswa Prodi PBA Ikuti Pelepasan Peserta Asjar FTIK

Home >Berita >13 Mahasiswa Prodi PBA Ikuti Pelepasan Peserta Asjar FTIK
Diposting : Selasa, 05 Mar 2024, 17:15:06 | Dilihat : 297 kali
13 Mahasiswa Prodi PBA Ikuti Pelepasan Peserta Asjar FTIK


Senin, 04 Maret 2024, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Khas Jember melepas mahasiswa peserta asjar (asistensi mengajar) baik lokal ataupun luar negeri pada pukul 08.00 WIB di depan Gedung FTIK. Kegiatan ini dihadiri oleh dekan dan wadek FTIK, ketua jurusan, kaprodi, DPL, dan mahasiswa peserta asjar lokal dan luar negeri.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh ketua panitia saat pelepasan, bahwa program asjar ini dilakukan dengan seleksi yang sangat ketat. Terdapat kurang lebih 300 mahasiswa yang mendaftar, dan hanya 59 saja yang lolos.

Sementara itu dalam sambutanya, Dr. Abdul Mu’is, S.Ag, M.Si, Dekan FTIK, berharap dengan adanya proram asjar ini, mahasiswa yang mengikuti asjar, kelak akan menjadi guru yang memilki skill yang lebih unggul dalam mengajar. Selain itu juga menyampaikan beberapa pesan kepada para peserta program asjar.

“Pesan saya, agar mahasiswa juga dapat mengambil banyak pelajaran di sekolah, dan juga siap untuk mengajar di sekolah, sehingga nanti akan kembali dengan wajah-wajah yang baru”, jelasnya.

Sebanyak 13 mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Arab FTIK UIN Khas Jember yang berpartisipasi dalam program asjar. 5 diantaranya melaksanakan asjar di lokal yaitu di kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, dan Bali, dan 8 lainnya melaksanakan asjar luar negeri tepatnya yaitu di Negera Thailand. 5 mahasisiswa peserta asjar lokal tersebut yaitu Nur Hafid, Rika Umi Mawadah, Abida Nasikha, Shofiatul Widad, dan Berlian Nestia Agustin. Dan 8 Mahasiswa peserta asjar luar negeri yaitu Nafisah Rohmatul Ummah, Chusnul Nurhidayati, Novisha Diah Arinda, M Insan Hilmy, V. Nadya Hasna, Falinda Denta Irfania, Fero Ghifar Nafidz, dan Fitri Syafiqotul Bariyah.

Menurut informasi yang diperoleh dari Kaprodi PBA, Muhammad Ardy Zaini,M.Pd.I, terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh peserta asjar, diantaranya adalah mahasiswa memilki IPK minimal 3.5 dan tidak ada mata kuliah yang pernah tertinggal atau diulang. Selain itu juga harus lulus di beberapa tahap tes yaitu tes Baca Tulis Qu’ran (BTQ), praktek ibadah, dan materi keprodian. Selain itu, Kaprodi PBA juga menyampaikan harapan dan pesan kepada peserta asjar PBA.

“Semoga program ini berjalan dengan baik, mahasiswa dan satuan pendidikan saling berkontribusi, serta mahasiswa dapat lulus pada semeseter 7” tambahnya.

Saat ditanya tentang tujuan berpartisipasi dalam program asjar, Abida Nasikha, salah satu peserta asjar lokal di MAN 1 Jember, menjelaskan bahwa tujuannya mengikuti program asjar ini adalah untuk menambah dan melatih skill dalam mengajar bahasa arab dengan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih. Selain itu juga agar dapat segera lulus.

“Tujuan saya mengikuti asjar itu untuk menambah dan melatih skill mengajar mengajar bahasa arab dengan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih. Selain itu juga, saya ingin cepat lulus sehingga dapat langsung terjun untuk mengamalkan ilmu yang saya miliki di masyarakat” Jawabnya. (Silfiy)

Berita Terbaru

13 Mahasiswa Prodi PBA Ikuti Pelepasan Peserta Asjar FTIK
05 Mar 2024By oprpba
Selamat, Prodi PBA Raih Peringkat Akreditasi UNGGUL dari LAMDIK
04 Mar 2024By oprpba
Alhamdulillah, Hari Kedua AL Prodi PBA Berlangsung Sukses
15 Dec 2023By oprpba

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;