info.pba@iain-jember.ac.id 082330629941

Prodi PBA Ikuti Workshop Pengembangan Kurikulum MBKM

Home >Berita >Prodi PBA Ikuti Workshop Pengembangan Kurikulum MBKM
Diposting : Sabtu, 25 Jun 2022, 09:02:31 | Dilihat : 293 kali
Prodi PBA Ikuti Workshop Pengembangan Kurikulum MBKM


Jember, PBA
Prodi Pendidikan Bahasa Arab mengikuti Kegiatan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diadakan oleh Fakuktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 

Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari, yaitu Jum'at-Sabtu, 23-24 Juni 2022 dan bertempat di Meotel Hotel, Jl. Karimata Sumbersari Jember. 

Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan konsep yang dicanangkan pertama kali tahun 2020 oleh Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Konsep kurikulum ini memberikan kesempatan untuk peserta didik belajar di luar kampus. 

Oleh karena itu, pihak penyelenggara pendidikan perlu melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Selain itu, penyelenggara juga perlu melakukan berbagai persiapan, salah satunya adalah proses pengembangan kurikulum.

Pada sambutannya, Prof. Mukni'ah selaku Dekan FTIK UIN KHAS Jember, menyampaikan rasa syukurnya karena kegiatan pengembangan kurikulum tersebut dapat terlaksana. Menurutnya, pengembangan itu bisa bermakna dua hal, pertama, pengembangan dari hal yang yang belum ada sama sekali, dan kedua, pengembangan dari hal yang sudah ada lalu dikembangkan sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman. 

"Nah, kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kurikulum berbasis KKNI yang sudah ada, untuk disesuaikan dengan Kurikulum MBKM, sesuai arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim," tambahnya.

Guru Besar Bidang Perncanaan Pembelajaran tersebut juga menekankan, bahwa output dari kegiatan pengembangan kurikulum adalah lahirnya 'Dokumen Kurikulum Prodi Berbasis MBKM' yang nantinya akan digunakan sebagai acuan utama dalam kegiatan perkuliahan berbasis MBKM, yang akan dimulai oleh angkatan 2021 pada semester lima.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang di dalamnya merupakan perwakilan dari sepuluh Prodi yang terdapat di FTIK UIN KHAS Jember. Adapun perwakilan dari Prodi PBA yaitu, Zeiburhanus Saleh (KorProdi PBA), Imron Fauzi (Gugus Mutu), Muhammad Ardy Zaini (Kendali Mutu Prodi PBA), dan Dwi Khoirotun Nisa' (Staf Prodi PBA). [dkn]

Berita Terbaru

13 Mahasiswa Prodi PBA Ikuti Pelepasan Peserta Asjar FTIK
05 Mar 2024By oprpba
Selamat, Prodi PBA Raih Peringkat Akreditasi UNGGUL dari LAMDIK
04 Mar 2024By oprpba
Alhamdulillah, Hari Kedua AL Prodi PBA Berlangsung Sukses
15 Dec 2023By oprpba

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;