info.pba@iain-jember.ac.id 082330629941

Prodi PBA Bersama HMPS Kembali Adakan Mukhoyyam Arabi Yang Bertemakan "Bahagia Berbahasa Arab, Berkreasi Bersama PBA"

Home >Berita >Prodi PBA Bersama HMPS Kembali Adakan Mukhoyyam Arabi Yang Bertemakan "Bahagia Berbahasa Arab, Berkreasi Bersama PBA"
Diposting : Sabtu, 29 Jun 2024, 14:30:41 | Dilihat : 176 kali
Prodi PBA Bersama HMPS Kembali Adakan Mukhoyyam Arabi Yang Bertemakan "Bahagia Berbahasa Arab, Berkreasi Bersama PBA"


Sabtu, 29 Juni 2024, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Kaji Achmad Siddiq Jember mengadakan pembukaan kegiatan mukhoyyam arabi yang bertempat di Masjid K.H.Achmad Siddiq pada pukul 08.00 WIB.

Mukhoyam arabi merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan bi'ah atau lingkungan berbahasa Arab yang baik dan membiasakan mahasiswa dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Arab. Secara garis besar, Mukhoyyam Araby ini berisi dua macam kegiatan, yaitu kegiatan inti dan kegiatan penunjang. Kegiatan inti mencakup transfer of knowledge atau pemberian materi selama Mukhoyyam berlangsung. Selain itu, kegiatan ini juga akan ditunjang dengan berbagai aktivitas menarik seperti nonton bareng (nobar), pementasan drama (mashrahiyah), pidato (muhadarah), outbound, senam dan olahraga dua kali seminggu, jurit malam, serta berbagai permainan dan lomba-lomba.

Menurut info yang diperoleh dari Nazela, mahasiswa pengurus HMPS PBA bidang networking, bahwa kegiatan mukhoyam arabi ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 2023 yang dilaksanakan mulai 29 Juni 2024 sampai 4 Juli 2024.

“Pada tahun ini, Mukhoyyam Araby yang dirancang oleh PSDM akan lebih kompleks namun tetap tidak mengekang. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu minggu pada libur semester genap. Adapun pelaksanaan kegiatan ini akan diadakan pada tanggal 29 Juni  sampai 4 Juli 2024 bertempat di Gedung G UINKHAS Jember” Jelasnya.

Dalam sambutannya, Ustadz Nidham, salah satu dosen PBA UIN Khas juga memberikan semangat kepada para peserta mukhoyyam arabi saat pembukaan kegiatan.

“Mulai sekarang banggalah kalian di prodi PBA, majukan dengan cara mengikuti rangkaian acara mukhoyyam araby VI, dengan acara ini kalian mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya, Tahiyyah arabiyyah !" serunya.

Sebagai ketua HMPS PBA, Mustofa Kamal, juga berharap agar kegiatan mukhoyam yang bertemakan “Bahagia berbahasa arab, berkreasi bersama PBA” ini dapat terealisasi secara maksimal.

“saya berharap apa yang ada di tema itu benar-benar terealisasi di prodi kita, "bahagia berbahasa arab berkreasi bersama pba" tema ini di ambil karna suatu problematika yang menurut saya perlu di hapuskan yaitu kurangnya implementasi bahasa arab dalam setiap harinya, tentu kami mempunyai misi yang sangat kuat untuk membiasakan berbahasa arab di mukhoyyam ini, sehingga antum bisa bahagia berbahasa arab di mukhoyyam dan seterusnya juga dapat berkreasi untuk prodi tercinta yaitu prodi pendidikan bahasa arab, tahiyyah Arabiyah " pungkasnya.

(oprpba)

Berita Terbaru

Lailatul usroh
21 Sep 2024By oprpba
Kaprodi Lepas HMPS PBA UIN Khas Jember Untuk Ikuti Studi Banding Bersama HMJ PBA UIN Malang dan UIN Wali songo Semarang
21 Sep 2024By oprpba
Perkuat Asosiasi Mahasiswa, HMPS Pendidikan Bahasa Arab UIN Khas Jember Gelar Nalwah Arabiyah
14 Sep 2024By oprpba

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;