info.pba@iain-jember.ac.id 082330629941

Perkuat Asosiasi Mahasiswa, HMPS Pendidikan Bahasa Arab UIN Khas Jember Gelar Nalwah Arabiyah

Home >Berita >Perkuat Asosiasi Mahasiswa, HMPS Pendidikan Bahasa Arab UIN Khas Jember Gelar Nalwah Arabiyah
Diposting : Sabtu, 14 Sep 2024, 09:56:01 | Dilihat : 112 kali
Perkuat Asosiasi Mahasiswa, HMPS Pendidikan Bahasa Arab UIN Khas Jember Gelar Nalwah Arabiyah


Jum’at, 13 September 2024, Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Khas Jember menggelar acara pembukaan kegiatan “Nalwa Arabiyah” yang merupakan singkatan dari istilah kalimat arab yakni Nasjul Wahdah Baina Thalabatil Lughatil Arabiyyah. Nalwa arabiyyah kali ini bertemakan “Menjadikan jiwa solidaritas yang tinggi untuk bersama-sama menjelajahi bahasa arab”. Acara pembukaan ini dimulai pada pukul 18.30 WIB di Aula Kajer Asri, Tempurejo Jember.

Pembukaan Nalwa Arabiyyah ini dihadiri oleh kaprodi dan dosen PBA, presiden mahasiswa, ketua sema universitas, sema dan dema fakultas , ketua dan pengurus HMPS PBA, ketua dan panitia Nalwa Arabiyyah, dan juga peserta dari mahasiswa baru PBA 2024 yang berjumlah 96 mahasiswa.

Menurut info dari Galang, ketua panitia Nalwa Arabiyyah 2024, kegiatan Nalwa Arabiyyah dilaksanakan selama 3 hari, dimulai hari jum’at 13 September 2024 dan berakhir hari minggu 15 September 2024.

Dalam sambutannya, Kaprodi PBA, Muhammad Ardy Zaini, menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan Nalwa Arabiyah ini, diharapkan mahasiswa baru dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga dapat menguasai empat kompetensi bahasa arab yang mencakup istima’, kalam, qiro’ah, dan kitabah dengan pembiasaan berbahasa arab.

“Dari kegiatan ini juga diharapkan kalian bisa menjadi kompak dan tidak terpecah, saling mengenal tidak hanya dalam satu kelas saja, tapi juga antar kelas lainnya”: tambahnya.

Mustofa Kamala selaku ketua HMPS PBA juga menegaskan bahwa dengan adanya kegiatan Nalwa Arabiyyah ini, semua mahasiswa baru dapat saling mengenal, tidak terpecah-pecah berdasarkan jalur masuk universitas.

“Saya harap kalian juga bisa mengikuti kegiatan-kegiatan pengembangan yang diadakan oleh HMPS PBA nantinya” ajaknya.

Kegiatan hari pertama pada Nalwa Arabiyyah ini diisi dengan pembukaan yang dilanjutkan dengan beberapa penampilan berupa khithabah, taqdim al-qishshah, dan munadzarah ilmiyyah arabiyya, dan ditutup dengan sosialisasi keprodian oleh kaprodi PBA. Adapun kegiatan inti pada hari kedua yaitu outbond, sosialisasi ithla’, sosialisasi HMPS, PBA bersholawat, dan pensi. Dan kegiatan pada hari ketiga mecakup outbond dan penutupan.

 

 

 

 

 

 

Berita Terbaru

Lailatul usroh
21 Sep 2024By oprpba
Kaprodi Lepas HMPS PBA UIN Khas Jember Untuk Ikuti Studi Banding Bersama HMJ PBA UIN Malang dan UIN Wali songo Semarang
21 Sep 2024By oprpba
Perkuat Asosiasi Mahasiswa, HMPS Pendidikan Bahasa Arab UIN Khas Jember Gelar Nalwah Arabiyah
14 Sep 2024By oprpba

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;