info.pba@iain-jember.ac.id 082330629941

Kedatangan Dosen Tamu dari Mesir, Koordinator Prodi PBA Himbau HMPS PBA Tak Sia-siakan Kesempatan

Home >Berita >Kedatangan Dosen Tamu dari Mesir, Koordinator Prodi PBA Himbau HMPS PBA Tak Sia-siakan Kesempatan
Diposting : Selasa, 15 Feb 2022, 17:54:36 | Dilihat : 390 kali
Kedatangan Dosen Tamu dari Mesir, Koordinator Prodi PBA Himbau HMPS PBA Tak Sia-siakan Kesempatan


Jember, PBA
Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa Prodi PBA telah mendapat kunjungan dari Dosen Tamu Universitas Al-Azhar Kairo Mesir yang bertugas di UIN KHAS Jember, yakni Ustadz Taha Ramadan Ibrahim Zaghloul, Selasa (15/02/2022). 

Koordinator Prodi PBA, Zeiburhanus Saleh, mengatakan bahwa Prodi PBA siap memberikan waktu dan kesempatan untuk mengajar atau berbagi ilmu dengan para mahasiswa di Prodi PBA sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki. 

Beliau juga menghibau kepada HMPS PBA untuk tidak menyia-nyiakan kedatangan Dosen Tamu dari Mesir tersebut. "Silahkan mahasiswa melalui HMPS membuat beberapa kegiatan dengan beliau ini, karena ini akan menjadi kesempatan emas untuk belajar sekaligus mempraktikkan maharah kalam," tandasnya.

Maharah Kalam atau keterampilan berbicara adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa, yakni Istima', Kalam, Qira'ah, dan Kitabah, yang harus dimiliki dan dikuasai oleh para pembelajar bahasa Arab, termasuk mahasiswa Prodi PBA FTIK UIN KHAS Jember. Kemahiran berbicara ini akan semakin lancar dan bagus jika sering diasah dengan berlatih sesering mungkin. Sebaliknya, jika jarang diasah, maka kemampuan berbicara akan sulit dimiliki. 

Zeiburhan pun menceritakan bahwa saat masih menjadi mahasiswa S1 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dulu, beliau sering menjadi rafiq (pendamping) saat ada Guru Tamu/Dosen Tamu dari Luar Negeri yang berkunjung. Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti itu, maka itu akan menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mengasah keterampilan berbicara dalam bahasa Arab, karena dapat berbiacara langsung dengan an-natiq al-ashly (penutur asli) selaku pemilik bahasa Arab. [dkn]

Berita Terbaru

13 Mahasiswa Prodi PBA Ikuti Pelepasan Peserta Asjar FTIK
05 Mar 2024By oprpba
Selamat, Prodi PBA Raih Peringkat Akreditasi UNGGUL dari LAMDIK
04 Mar 2024By oprpba
Alhamdulillah, Hari Kedua AL Prodi PBA Berlangsung Sukses
15 Dec 2023By oprpba

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;